Tesis

Faktor Risiko Terjadinya Bakterimia MDR Gram Negatif Pada Pasien Rawat Inap = Risk Factors of MDR Gram Negative Bacteremia among Hospitalized Patients.

Latar Belakang: Dalam dekade terakhir terjadi peningkatan bakterimia Multi-Drug Resistant (MDR) Gram negatif. Bakterimia MDR Gram negatif tidak hanya meningkatkan angka kematian, tetapi juga dapat dikaitkan dengan peningkatan morbiditas pasien, lama perawatan dan biaya perawatan rumah sakit. Faktor-faktor risiko terjadinya bakterimia MDR Gram negatif di ruang rawat inap penting untuk diketahui sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dan pengendalian terhadap faktor-faktor risiko tersebut dan menurunkan kejadian bakterimia MDR Gram negatif pada pasien rawat inap. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan terjadinya bakterimia MDR Gram negatif pada pasien rawat inap Metode: Faktor risiko diidentifikasi menggunakan studi kasus kontrol. Data dikumpulkan dari catatan rekam medis pasien rawat inap RSCM yang memiliki kultur darah positif tumbuh bakteri patogen Gram negatif. Kelompok kasus adalah subjek dengan bakterimia MDR Gram negatif, kelompok kontrol adalah subjek dengan bakterimia non-MDR Gram negatif. Kedua kelompok kasus dan kontrol diambil secara konsekutif dikarenakan kurangnya sampel. Analisis bivariat dilakukan pada variabel bebas yaitu riwayat antibiotik sebelumnya, pemberian antibiotik kombinasi, fokus infeksi, riwayat hospitalisasi, lama perawatan, Charlson index >2, pemberian kemoterapi, kortikosteroid, keganasan, kolonisasi, absolute neutrophile count (ANC)

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Ade Yonata - Nama Orang
KHIE CHEN - Nama Orang
Murdani Abdullah - Nama Orang
Tony Loho - Nama Orang

No. Panggil
T14299fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xxi, 85 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14299fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14299fkT14299fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor Risiko Terjadinya Bakterimia MDR Gram Negatif Pada  Pasien Rawat Inap = Risk  Factors  of  MDR  Gram Negative Bacteremia among  Hospitalized Patients.

Related Collection