Tesis

Pengaruh Luka Bakar Derajat 4 terhadap Perubahan Rerata Rasio Konsentrasi Etanol Pada Isi Lambung dengan Darah Jantung Studi Eksperimental pada Tikus Sprague-Dawley = Pengaruh Luka Bakar Derajat 4 terhadap Perubahan Rerata Rasio Konsentrasi Etanol Pada Isi Lambung dengan Darah Jantung Studi Eksperimental pada Tikus Sprague-Dawley.

Penelitian ini membahas perubahan konsentrasi etanol pada darah jantung (BAC), isi lambung (SAC) dan rasionya (SAC:BAC) pada luka bakar derajat 4 untuk menilai difusi postmortem dari SAC ke BAC. Metode penelitian merupakan studi eksperimental pada tikus Sprague-Dawley yang dibagi menjadi 2 kelompok (kelompok kontrol dan kelompok perlakuan (luka bakar derajat 4)). Hasil dan diskusi menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara BAC dan rasio SAC:BAC, sedangkan SAC pada kelompok perlakuan secara signifikan lebih rendah. Kesimpulannya, difusi postmortem etanol dari isi lambung ke darah jantung pada luka bakar derajat 4 dengan waktu terbakar dan postmortem interval yang singkat, kecil kemungkinan terjadinya.
Kata Kunci: rasio konsentrasi etanol, luka bakar derajat 4, studi eksperimental


This research studies the ethanol concentration changes in heart blood (BAC), stomach content (SAC) and its ratio (SAC: BAC) on 4 th degree burn injury to determine the postmortem diffusion from BAC into SAC. The experimental study uses Sprague-Dawley rat, divided into 2 groups (control and treatment (4 degree burn injury)). The result and discussion show no significant difference between BAC and SAC: BAC ratio, while SAC on treatment group is significantly lower. The conclusion is ethanol postmortem diffusion from stomach content into heart blood on 4 th degree burn injury with short burning duration and postmortem interval is unlikely to occur.
Keywords: ethanol concentration ratio, 4 th viii Universitas Indonesia th degree burn injury, experimental study

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Baety Adhayati - Nama Orang
Oktavinda Safitry - Nama Orang
Ade Firmansyah - Nama Orang

No. Panggil
T14303fk
Penerbit
Jakarta : Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal.,
Deskripsi Fisik
xiii, 50 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14303fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14303fkT14303fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Luka Bakar Derajat 4 terhadap Perubahan Rerata Rasio      Konsentrasi Etanol Pada Isi Lambung dengan Darah Jantung Studi Eksperimental pada Tikus Sprague-Dawley = Pengaruh Luka Bakar Derajat 4 terhadap Perubahan Rerata Rasio                  Konsentrasi Etanol Pada Isi Lambung dengan Darah Jantung Studi  Eksperimental pada Tikus Sprague-Dawley.

Related Collection