Tesis

Hubungan Antara Ekspresi Emosi, Beban Perawatan, Stigma, Pengetahuan yang Dimiliki Pramurawat terhadap Terjadinya Kekambuhan Orang dengan Skizofrenia = Association between Expressed Emotion, Burden of Care, Stigma, Knowledge of Cargeiver with Relapse of Person with Schizophrenia.

Latar Belakang: Ekspresi emosi penting untuk perkiraan kekambuhan ODS dalam rentang 9-12 bulan. ODS yang berasal dari keluarga dengan ekspresi emosi tinggi 60% mengalami kekambuhan. Pramurawat menanggung beban dalam merawat ODS serta stigma dari lingkungan. Pengetahuan yang tak cukup dapat meningkatkan stigma dan ekspresi emosi. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antar ekspresi emosi, beban, stigma, pengetahuan terhadap kekambuhan ODS. Metode: Penelitian studi potong lintang ini menilik 80 pramurawat ODS yang dirawat di RSUPN Cipto Mangunkusumo dan RSKD Duren Sawit yang diambil secara consecutive. Setelah informed consent, dilakukan pengisian kuesioner sosio-demografi, alat ukur ekspresi emosi (Family Questionaire), beban perawatan (Burden Assessment Schedule), stigma (Stigma Items), pengetahuan tentang skizofrenia (Knowledge about Schizophrenia Interview). Hasil: Analisis bivariat menemukan hubungan bermakna ekspresi emosi, beban, stigma yang dialami pramurawat dengan kekambuhan ODS (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Ezra Ebenezer Soleman - Nama Orang
Suryo Dharmono - Nama Orang
Sylvia Detri Elvira - Nama Orang

No. Panggil
T14308fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xiv, 77 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14308fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14308fkT14308fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Antara Ekspresi Emosi, Beban Perawatan, Stigma,     Pengetahuan yang Dimiliki Pramurawat terhadap Terjadinya Kekambuhan Orang dengan Skizofrenia = Association between Expressed Emotion, Burden of Care, Stigma,  Knowledge of Cargeiver  with  Relapse of Person with Schizophrenia.

Related Collection