Tesis

Perbedaan Kesintasan Terjadinya Major Adverse Cardiac Event Selama Tujuh Hari pada Penderita Hipertensi yang Mengalami Sindroma Koroner Akut dengan Hiperurisemia dan Tanpa Hiperurisemia = Differentiation between Hiperuricemia and no Hiperuricemia to Make Major Adverse Cardiac Events in Seven Days in Hypertensive Patients with Acute Coronary Syndrome.

Latar belakang: Hipertensi akan meningkatkan kadar asam urat yang akan memperburuk terjadinya Major Adverse Cardiac Events (MACE) pada penderita sindroma koroner akut (SKA). Dengan mengetahui kadar asam urat maka kita memprediksi terjadinya MACE sehingga dapat melakukan tata laksana SKA yang lebih optimal. Metode: Penelitian diakukan secara kohort retrospektif dengan menggunakan analisa kesintasan MACE selama tujuh hari pada penderita hipertensi yang mengalami SKA. Data diambil melalui rekam medis ICCU RSCM selama 20092013 secara konsekutif. Analisa data menggunakan kurva Kaplan Meir, Cox proportional hazard regression, analisis multivariat Cox proportional hazard regression Hasil Penelitian: Dua ratus lima puluh subyek penelitian dibagi dalam dua kelompok hiperurisemia dan tanpa hiperurisemia. MACE lebih banyak terjadi pada kelompok hiperurisemia yaitu 38 pasien dari 125 pasien (30.4%) dibandingkan tanpa hiperurisemia sebesar 16 pasien dari 125 pasien (12.8%). Analisa kesintasan mendapatkan MACE lebih cepat dan bermakna pada penderita hiperurisemia (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

YUDISTIRA PANJI SANTOSA - Nama Orang
Sally Aman Nasution - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang
Dono Antono - Nama Orang

No. Panggil
T14285fk
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
30 cm ; 53
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14285fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14285fkT14285fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Kesintasan Terjadinya Major Adverse Cardiac Event Selama Tujuh Hari pada Penderita Hipertensi yang Mengalami Sindroma Koroner Akut dengan Hiperurisemia dan Tanpa Hiperurisemia = Differentiation between Hiperuricemia and no Hiperuricemia to Make Major Adverse Cardiac Events in Seven Days in Hypertensive Patients with Acute Coronary Syndrome.

Related Collection