Tesis

Korelasi Volume Residu Lambung dengan derajat Keparahan Penyakit Berdasarkan Skor Modified Sequential Organ Failure Assessment pada Pasien yang Dirawat di ICU RSCM = Correlation of gastric residual volume and illness severity based on Modified Sequential Organ Failure Assessment in ICU patients of Ciptomangunkusumo hospital.

Latar Belakang: Peningkatan volume residu lambung merupakan salah satu tanda intoleransi makan enteral. Intoleransi makan enteral adalah salah satu bentuk gangguan fungsi gastrointestinal. Ganguan fungsi gastrointestinal sering terjadi pada pasien dengan sakit kritis. Sistem skoring MSOFA adalah salah satu sistem skoring untuk menilai keparahan penyakit pada pasien kritis. Sistem skoring yang ada belum memasukkan gangguan fungsi gastrointestinal pada salah satu parameternya. Penelitian ini untuk mengetahui korelasi volume residu lambung dengan keparahan penyakit berdasarkan skor MSOFA, dan apakah volume residu lambung dapat menjadi parameter pelengkap sistem skoring MSOFA. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kohort prospektif. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari – April 2014 di ICU RSCM. Total volume residu lambung diukur dari 24 jam pertama dan kedua. Skor MSOFA diukur pada hari I dan II. Data dikumpulkan menggunakan formulir penelitian. Data yang didapat dilakukan uji analisis statistik. Hasil: Sebanyak 72 subjek diikut sertakan dalam penelitian ini. Didapatkan perbedaan volume residu lambung yang bermakna pada 24 jam I dan II. Terdapat korelasi antara volume residu lambung 24 jam II dengan skor MSOFA hari II (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

MUTIA FARINA - Nama Orang
Luciana B. Sutanto - Nama Orang
Dita Aditianingsih - Nama Orang

No. Panggil
T14215fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
30 cm ; 40
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14215fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14215fkT14215fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Volume Residu Lambung dengan derajat Keparahan Penyakit Berdasarkan Skor Modified Sequential Organ Failure Assessment pada Pasien yang Dirawat di ICU RSCM = Correlation of gastric residual volume and illness severity based on Modified Sequential Organ Failure Assessment in ICU patients of Ciptomangunkusumo hospital.

Related Collection