Tesis

Karakteristik Fungsi Paru pada Bayi Sehat di Indonesia = Characteristic of Lung Function in Indonesian Healthy Infant

Fungsi paru bayi pada usia awal kehidupan dapat memprediksi penyakit pernapasan dan perkembangan fungsi paru di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik fungsi paru pada bayi di Indonesia dan membandingkannya dengan populasi di negara barat.Penelitian potong lintang dilaksanakan di RS Budi Kemuliaan, Jakarta. Dengan menggunakan automated single occlusion technique, peneliti mengukur fungsi paru pada 124 bayi. Data komplians (Crs) dan resistensi (Rrs) total dari sistem pernapasan kemudian dibandingkan dengan data dari studi WHISTLER di Belanda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain faktor usia, berat badan, dan panjang badan, polusi udara juga merupakan faktor determinan penting pada fungsi paru bayi di Indonesia.
Kata kunci: Fungsi paru bayi, bayi, komplians paru, resistensi jalan napas



Infant lung function in early life can predict respiratory disease and later lung development. We aimed to understand the characteristics of lung function in Indonesian healthy infant and to compare these with a Western population.We performed a cross-sectional study in Budi Kemuliaan Hospital in Jakarta. Using the automated single occlusion technique we measured lung function in 124 infants. The data of compliance (Crs) and resistance (Rrs) of the respiratory system were compared with data from the WHISTLER study in Neatherlands. Our results suggest that besides age, weight and height, air pollution is an important determinant of infant lung function in Indonesian children.
Keywords: infant pulmonary function, infant, lung compliance, airway resistance

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Wahyuni Indawati - Nama Orang
Darmawan Budi Setyonto - Nama Orang

No. Panggil
T14189fk
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
30 cm ; 50
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14189fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14189fkT14189fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Karakteristik Fungsi Paru pada Bayi Sehat di Indonesia = Characteristic of Lung Function in Indonesian Healthy Infant

Related Collection