Text

Efektivitas Terapi Kelompok Suportif Ekspresif terhadap Peningkatan Kepatuhan Terapi dan Kualitas Hidup pada Pasien dengan HIV di Pokdisus RSCM = The Effectiveness of Expressive Supporting Group Therapy in Improving HIV-AIDS patients Medication Compliance and Quality of Life in Pokdisus RSCM.

Terapi Kelompok Suportif Ekspresif adalah salah satu modalitas psikoterapi yang menggunakan kekuatan interaksi para peserta yang difasilitasi oleh terapis. Terapi ini diberikan kepada individu yang memiliki masalah serupa untuk memperbaiki pikiran dan perilaku yang dianggap maladaptif. Penelitian ini dilakukan untuk menilai apakah dengan terapi kelompok suportif ekspresif dapat memperbaiki kepatuhan pasien dengan HIV terhadap ARV (adherence). Evaluasi juga dilakukan untuk menilai apakah terdapat perbaikan kualitas hidup, peningkatan sel imun CD dan turunnya viral load setelah dilakukan intervensi. Pada 52 subjek dengan random alokasi terbagi menjadi kelompok intervensi terapi kelompok suportif ekspresif (TKSE) dan kelompok treatment as usual (TAU). Subjek mendapatkan evaluasi yang sama sebelum dan sesudah terapi. Pada evaluasi awal didapatkan seluruh subjek tidak adherence, yaitu kepatuhan terapi

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Lidya Heryanto - Nama Orang
Martina Wiwie - Nama Orang
Kristiana Siste - Nama Orang
R. Irawati Ismail - Nama Orang

No. Panggil
T13512fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xii, 85 hlm., lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13512fkT13512fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Terapi Kelompok Suportif Ekspresif terhadap Peningkatan Kepatuhan Terapi dan Kualitas Hidup pada Pasien dengan HIV di Pokdisus RSCM = The Effectiveness of Expressive Supporting Group Therapy in Improving HIV-AIDS patients Medication Compliance and Quality of Life in Pokdisus RSCM.

Related Collection