Tesis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mortalitas Pasien Acute Respiratory Distress Syndrome yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = Factors Affecting Mortality of Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) Patients Hospitalized in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar Belakang : Acute respiratory distresss syndrome (ARDS) merupakan salah satu kegawatan di bidang pulmonologi yang angka mortalitasnya sangat tinggi. Untuk menurunkan mortalitas pasien ARDS perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Studi-studi tentang faktor faktor yang mempengaruhi mortalitas pasien ARDS masih menunjukkan hasil yang berbeda-beda, dan saat ini belum ada penelitian yang komprehensif di Indonesia khususnya di RSCM. Tujuan : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mortalitas pasien ARDS yang dirawat di RSCM. Metode : Penelitian ini merupakan studi kohort retrospektif pada pasien ARDS yang dirawat di RSCM selama tahun 2008–2012. Data klinis, laboratorium, expertise foto toraks beserta status luaran (hidup atau meninggal) selama perawatan diperoleh dari rekam medis. Analisis bivariat dilakukan pada variabel usia, etiologi ARDS, indeks komorbiditas Charlson, rasio PaO2/FiO2, skor APACHE II, dan penggunaan ventilator dalam 48 jam sejak diagnosis ARDS. Variabel yang memenuhi syarat akan disertakan pada analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil : Sebanyak 368 pasien diikutsertakan pada penelitian ini. Didapatkan angka mortalitas selama perawatan sebesar 75,3%. Faktor usia, etologi ARDS (sepsis, non sepsis), indeks komorbiditas Charlson , skor APACHE II, dan penggunaan ventilator dalam 48 jam sejak diagnosis ARDS merupakan variabel yang berbeda bermakna pada analisis bivariat. Faktorfaktor yang mempengaruhi mortalitas pada analisis multivariat adalah sepsis sebagai penyebab ARDS (RR 1,26; IK 95% 1,20 sampai 1,32; p < 0,001), skor APACHE II yang tinggi (RR 1,19; IK 95% 1,03 sampai 1,30; p = 0.019) dan tidak menggunakan ventilator dalam 48 jam sejak diagnosis ARDS (RR 1,37; IK 95% 1,25 sampai 1,43; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Kripti Hartini - Nama Orang
Zulkifli Amin - Nama Orang
Ceva Wicaksono Pitoyo - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T14061fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 54 hlm., lamp. 2
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14061fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14061fkT14061fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mortalitas Pasien Acute Respiratory Distress Syndrome yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = Factors Affecting Mortality of Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) Patients Hospitalized in Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection