Tesis

Hubungan Metformin dan Sindrom Frailty pada Orang Usia Lanjut dengan Diabetes Mellitus tipe 2 = The Relationship of Metformin and Frailty Syndrome in Elderly with Type 2 Diabetes Mellitus.

Latar belakang Diabetes tipe 2 ditandai dengan resistensi dan defisiensi insulin, selain itu seiring dengan penuaan kejadian resistensi insulin juga semakin meningkat. Pada studistudi klinis, resistensi insulin dan diabetes tipe 2 terbukti meningkatkan kejadian sindrom frailty pada usila. Obat antidiabetik oral metformin telah dikaitkan dengan penghambatan proses penuaan. Namun demikian, sampai saat ini belum ada data yang menunjukkan manfaat terapi metformin terhadap kejadian sindrom frailty. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada efek protektif metformin terhadap sindrom frailty. Metodologi Studi ini dilakukan secara kasus kontrol pada subyek berusia ≥60 tahun yang berobat di poliklinik Geriatri dan Diabetes FKUI-RSCM, bulan Maret-Juni 2013. Diagnosis frailty dilakukan dengan menggunakan indeks frailty-40 item (FI-40). Analisis statistik dilakukan dengan metode chi-square untuk analisis bivariat dan regresi logistik untuk analisis multivariat, semua data disertai dengan interval kepercayaan 95%. Hasil Sindrom frailty didapatkan pada 25% (n=59) subyek penelitian, sedangkan prefrail pada 72% (n=170) subyek dan sisanya fit. Metformin ditemukan mempunyai hubungan dengan sindrom frailty pada usila dengan diabetes mellitus tipe 2, yang tetap bermakna setelah dilakukan analisis multivariat (adjusted OR 0,043; IK 95% 0,019 – 0,099; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Stevent Sumantri - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang
Dyah Purnamsari Suliastiningsih - Nama Orang
Esthika Dewiasty - Nama Orang

No. Panggil
T14054fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xv, 81 hlm., lamp. 4
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14054fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14054fkT14054fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Metformin dan Sindrom Frailty pada Orang Usia Lanjut dengan Diabetes Mellitus tipe 2 = The Relationship of Metformin and Frailty Syndrome in Elderly with Type 2 Diabetes Mellitus.

Related Collection