Text

Keterkontrolan Pasien Asma di RSUP Persahabatan Berdasarkan Asthma Control Test beserta Hubungannya dengan Kualitas Hidup dan Compliance terhadap Terapi = Asthma Control Level of Asthma Patients according to Asthma Control Test and Its Relationship to Quality of Life and Medication Compliance in Persahabatan Hospital Jakarta.

Tujuan penelitian potong lintang ini adalah menggambarkan tingkat keterkontrolan asma, kualitas hidup, dan kepatuhan pengobatan serta melihat hubungan antara keterkontrolan asma dengan kualitas hidup dan kepatuhan pengobatan. Sebanyak 132 pasien asma poli rawat jalan RSUP Persahabatan menyatakan kesediaan dan mengikuti penelitian ini dengan lengkap. Data diambil melalui wawancara dan pengamatan cara pakai obat. Sebesar 64 pasien (48,5%) menderita asma yang tidak terkontrol dan 68 pasien (51,5%) termasuk dalam asma yang terkontrol. Gambaran kualitas hidup menunjukkan nilai rerata domain gejala sebesar 4,83 (±1,49), domain keterbatasan aktivitas sebesar 5,99 (±0,86), domain fungsi emosi sebesar 5,13 (±1,63), dan domain pajanan lingkungan sebesar 3,89 (±1,88). Gambaran kepatuhan pengobatan pada penelitian ini sebesar 45,5% pasien minum obat sesuai anjuran dokter, 38,6% pasien rutin kontrol ke petugas kesehatan, dan 45,5% menggunakan obat inhalasi dengan benar. Domain pajanan lingkungan berdampak lebih besar terhadap gangguan kualitas hidup dibandingkan dengan domain lainnya. Terdapat hubungan antara keterkontrolan asma dengan kualitas hidup (r=0,307, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Gatot Sudiro Hendarto - Nama Orang
Wiwien Heru Wiyono - Nama Orang
Faisal Yunus - Nama Orang

No. Panggil
T13457fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 51 hlm., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13457fkT13457fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Keterkontrolan Pasien Asma di RSUP Persahabatan Berdasarkan Asthma Control Test beserta Hubungannya dengan Kualitas Hidup dan Compliance terhadap Terapi = Asthma Control Level of Asthma Patients according to Asthma Control Test and Its Relationship to Quality of Life and Medication Compliance in Persahabatan Hospital Jakarta.

Related Collection