Text

KEEFEKTIFAN BLOK PLEKSUS SERVIKAL SUPERFISIALIS DENGAN BUPIAKAIN 0,5% SEBAGAI ANALGESIA POSTOPERATIF PADA TIMPANOMASTOIDEKTOMI = THE EFFECTIVENESS OF SUPERFICIAL CERVICAL PLEXUS BLOCK WITH BUPIVACAINE 0.5% AS POSTOPERATIF ANALGESIA IN TYPANOMASTOIDECTOMY.

LATAR BELAKANG: Anestesia umum yang merupakan teknik standar pembiusan pada timpanomastoidektomi memiliki beberapa kelemahan. Nyeri post operatif dan efek samping mual-muntah (Post Operative Nausea Vomiting (PONV)) yang kerap terjadi pada operasi ini dapat meningkatkan morbiditas pasca operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penambahan blok pleksus servikal superfisialis dengan bupivakain 0.5% sebagai analgesia postoperatif pada timpanomastoidektomi. METODE : Tiga puluh dua pasien yang akan menjalani timpanomastoidektomi dibagi secara acak menjadi dua kelompok dengan jumlah yang sama. Kelompok pertama (Grup BPSS+IV-PCT, n=16) menerima blok pleksus servikal superfisialis sebelum induksi. Kelompok kedua (Grup IV-PCT, n=16) tidak menerima blok pleksus servikal superfisialis. Sebelum operasi berakhir, kedua grup diberikan paracetamol 1 gram intravena (IV). Setelah ekstubasi, di ruang pemulihan dipasang Patient Controlled Analgesia (PCA) yang dipertahankan selama 24 jam di ruang perawatan dihitung sejak operasi dimulai. PCA berisi fentanil, dengan pengaturan demand dose (bolus) 1mcg/kgBB. Waktu pertama kali pasien menekan tombol PCA (T1), total fentanil PCA yang digunakan (mcg/kgBB), dan insidens PONV dicatat. HASIL: Permintaan analgesia pertama pada Grup BPSS+IV-PCT lebih lama (1437.5 ± 10 minutes) dibandingkan dengan Grup IV-PCT (1310.63 ± 268.49 minutes). Pemakaian fentanil total pada Grup BPSS+IV-PCT lebih sedikit (0.06 ± 0.25mcg/kg) dibandingkan dengan Grup IV-PCT (0.31 ± 0.48 mcg/kg). Namun dari perhitungan statistik menunjukkan hampir tetapi tidak berhasil mencapai nilai p yang dianggap signifikan (p=0.056 and p=0.086). Di lain pihak insidens PONV menurun secara signifikan pada Grup BPSS+IV-PCT (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Sandhi Prabowo - Nama Orang
Aida Rosita Tantri - Nama Orang
PRYAMBODHO - Nama Orang

No. Panggil
T13452fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xii, 65 hlm., lamp. 4
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13452fkT13452fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of KEEFEKTIFAN BLOK PLEKSUS SERVIKAL SUPERFISIALIS DENGAN BUPIAKAIN 0,5% SEBAGAI ANALGESIA POSTOPERATIF PADA TIMPANOMASTOIDEKTOMI = THE EFFECTIVENESS OF SUPERFICIAL CERVICAL PLEXUS BLOCK WITH BUPIVACAINE 0.5% AS POSTOPERATIF ANALGESIA IN TYPANOMASTOIDECTOMY.

Related Collection