Tesis

Pengaruh Penanaman Benang Catgut terhadap Kadar Nitrit Oksida dan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Esensial = The Influence of Catgut Embedding on the Nitric Oxide Concentration and Blood Pressure in Essential Hypertension Patients.

Hipertensi sering dijumpai dalam praktek sehari-hari dan prevalensinya di Indonesia cukup tinggi (31,7%). Penanaman benang catgut terbukti menurunkan tekanan darah, tetapi belum ada penelitian untuk mengukur kadar nitrit oksida (NO). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penanaman benang catgut terhadap kadar NO serum dan tekanan darah pada hipertensi esensial. Disain penelitian adalah uji klinis acak tersamar tunggal dengan kontrol. Melibatkan 40 pasien hipertensi yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok kontrol mendapatkan obat antihipertensi. Kelompok kasus mendapatkan obat antihipertensi dan penanaman benang catgut, kemudian pada kedua kelompok dilakukan penilaian kadar NO dan tekanan darah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rerata kadar NO kelompok kasus dibandingkan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Suhana - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Maruhum Bonar H. Marbun - Nama Orang

No. Panggil
T14033fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xv, 67 hlm., lamp. 5
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14033fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14033fkT14033fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Penanaman Benang Catgut terhadap Kadar Nitrit Oksida dan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Esensial = The Influence of Catgut Embedding on the Nitric Oxide Concentration and Blood Pressure in Essential Hypertension Patients.

Related Collection