Tesis

Pengaruh Laserpunktur Telinga di Titik Depressing, Tranquilizer dan Master Cerebral Pada Kasus Dental Anxiety = Effect of Auricular Laserpuncture at Depressing, Tranquilizer and Master Cerebral Points in Dental Anxiety.

Dental Anxiety merupakan reaksi cemas akut yang sering terjadi pada banyak orang. Pada kasus berat reaksi cemas ini akhirnya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan gigi dan mulut karena pasien menghindar dan menunda berobat ke dokter gigi. Terapi medikamentosa selama ini menjadi pilihan untuk mengatasi Dental Anxiety, namun dapat menimbulkan efek samping berupa depresi pernapasan dan sedasi berkepanjangan. Penelitian ini menggunakan desain Randomised Controlled Trial dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh laserpunktur telinga di Titik Depressing, Tranquilizer dan Master Cerebral terhadap derajat ansietas yang dinilai dengan Spielberger State Anxiety Inventory dan dibandingkan dengan kelompok laserpunktur sham (kontrol). Pada kelompok laserpunktur telinga sham, diberlakukan perlakuan yang sama dengan kelompok laserpunktur telinga namun laserpen tidak dinyalakan. Hasil penelitian menunjukkan rerata selisih skor kelompok laserpunktur (15,56±7,188) lebih besar dibandingkan kelompok kontrol (5,39±3,867). Kesimpulan: laserpunktur telinga lebih efektif menurunkan derajat ansietas pada kasus Dental Anxiety dibandingkan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Carolina Julianti Hendrata - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Nurmiati Air - Nama Orang
C. Rini Suhartoyo - Nama Orang

No. Panggil
T14031fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 84 hlm., lamp. 10
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14031fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14031fkT14031fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Laserpunktur Telinga di Titik Depressing, Tranquilizer dan Master Cerebral Pada Kasus Dental Anxiety = Effect of Auricular Laserpuncture at Depressing, Tranquilizer and Master Cerebral Points in Dental Anxiety.

Related Collection