Tesis

Perbandingan rerata jumlah langkah sebagai penanda aktivitas fisik antara pekerja dengan sindroma metabolik dan tanpa sindroma metabolik = Comparison of the mean number of steps as a marker of physical activity on workers with metabolic syndrome and without metabolic syndrome.

Saat ini banyak orang yang melakukan pekerjaan dengan duduk sehingga aktivitas fisik menjadi berkurang, padahal menurut laporan WHO tahun 2009, salah satu penyebab utama kematian global adalah perilaku tidak aktif (6%). Berkurangnya aktivitas fisik ini merupakan salah satu faktor risiko terjadinya sindroma metabolik. Peningkatan aktivitas fisik pekerja dapat dilakukan dengan menambah jumlah langkah setiap hari, yang dapat diukur dengan menggunakan alat penghitung langkah (pedometer). Jumlah langkah setiap hari yang rendah berarti aktivitas fisik berkurang sehingga akan menjadi risiko untuk mendapat sindroma metabolik. Tujuan : mendapatkan gambaran aktivitas fisik pekerja berdasarkan jumlah langkah pada pekerja dengan sindroma metabolik di lingkungan pekerja pertambangan minyak dan gas. Metode : penelitian potong lintang, menggunakan data sekunder dari hasil pemeriksaan kesehatan tahunan pekerja tahun 2012, didapat 25 subyek yang memenuhi kriteria, yang terdiri dari 15 subyek tanpa sindroma metabolik dan 10 subyek dengan sindroma metabolik. Hasil : diperoleh hasil rerata jumlah langkah per hari pada kelompok sindroma metabolik lebih rendah dibandingkan langkah kelompok tanpa sindroma metabolik yaitu masingmasing 5055±1004 langkah dan 9887± 2036 langkah yang berbeda bermakna secara statistik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Albertus Quarino - Nama Orang
Jull Kurniarobbi - Nama Orang
Muchtaruddin Mansyur - Nama Orang

No. Panggil
T14042fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga.,
Deskripsi Fisik
x, 45 hlm., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14042fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14042fkT14042fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan rerata jumlah langkah sebagai penanda aktivitas fisik antara pekerja dengan sindroma metabolik dan tanpa sindroma metabolik = Comparison of the mean number of steps as a marker of physical activity on workers with metabolic syndrome and without metabolic syndrome.

Related Collection