Text

PERBANDINGAN EFEK SAMPING INTRASEDASI ANTARA SUFENTANIL TCI PROPOFOL DAN FENTANYL TCI PROPOFOL PADA ERCP = COMPARISON OF INTRASEDATION ADVERSE EVENTS BETWEEN SUFENTANIL TCI PROPOFOL AND FENTANYL TCI PROPOFOL IN ERCP PROCEDURES.

LATAR BELAKANG: Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP) merupakan prosedur teraupetik yang memerlukan sedasi dalam dan analgesia yang baik. Propofol sebagai agen sedatif pilihan mempunyai spektrum terapeutik yang sempit, bila dikombinasikan dengan opioid seperti fentanyl serta posisi tengkurap pasien ERCP, menyebabkan angka kejadian efek samping akibat sedasi terutama desaturasi oksigen yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan membandingkan efek sufentanyl (0,2 mcg/kgBB) dengan fentanyl (1,5 mcg/kgBB) sebagai ajuvan propofol dalam mengurangi angka kejadian efek samping intrasedasi, serta mengetahui waktu discharge dan kebutuhan dosis propofol pada ERCP. METODE: 36 pasien ERCP dengan usia 18-65 tahun, IMT 18-30 kg/m dan status fisik ASA 1-3 dirandomisasi. Satu kelompok (18 pasien) mendapatkan bolus sufentanil 0,2 mcg/kgBB, kelompok lainnya (18 pasien) mendapatkan bolus fentanyl 1,5 mcg/kgBB. Kedua kelompok selanjutnya menggunakan TCI propofol rumusan Schneider dengan target konsentrasi efek (Ce). Target Ce dimulai dari 2 mcg/ml dinaikkan 1 mcg/ml setiap menitnya (Ce maksimal 4 mcg/ml) hingga tercapai nilai IOC 45-60 yang dipertahankan selama prosedur berlangsung. Dilakukan pencatatan ada tidaknya kejadian desaturasi oksigen dan hipotensi, serta kebutuhan dosis propofol selama prosedur dan waktu discharge. HASIL: Angka kejadian desaturasi oksigen pada kelompok sufentanil TCI propofol (11,1%), lebih rendah dibandingkan dengan kelompok fentanyl TCI propofol (55,6%) dan secara statistik bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Veronica Juliet Marintan Manurung - Nama Orang
Aida R. Tantri - Nama Orang
Arif Marsaban - Nama Orang

No. Panggil
T13444fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xvi, 63 hal., lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13444fkT13444fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of PERBANDINGAN EFEK SAMPING INTRASEDASI ANTARA SUFENTANIL TCI PROPOFOL DAN FENTANYL TCI PROPOFOL PADA ERCP = COMPARISON OF INTRASEDATION ADVERSE EVENTS BETWEEN SUFENTANIL TCI PROPOFOL AND FENTANYL TCI PROPOFOL IN ERCP PROCEDURES.

Related Collection