Text

Keefektifan Metode Pemberian Asam Traneksamat pada Operasi Jantung Terbuka Dewasa Dalam Mengurangi Pendarahan Pascaoperasi Pemberian Bolus Intravena dan Penambahan pada Cairan Priming Dibandingkan dengan Bolus Intravena Dilanjutkan Infusi Kontinyu = The Effectiveness of Tranexamic Acid Method of Administration in Adult Open Cardiac Surgery to Reduce Postoperative Bleeding Intravenous Bolus Administration with Addition on Priming Solution Compared with Intravenous Bolus Followed by Continous Intravenous Infusion.

LATAR BELAKANG:Pendarahan merupakan komplikasi berbagai prosedur operasi, terutama operasi jantung terbuka. Penggunaan mesin pintas jantung-paru mengganggu koagulasi dan menyebabkan pendarahan pascaoperasi. Asam traneksamat sebagai antifibrinolitik sintetik digunakan secara luas untuk mengurangi konsumsi koagulasi sehingga dapat menurunkan jumlah pendarahan dan penggunaan produk darah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan antara pemberian asam traneksamat 1gram bolus sebelum CPB dilanjutkan dengan drip 1gram dalam 8 jam dibandingkan dengan bolus 1gram sebelum CPB dan 1gram saat priming dalam mengurangi pendarahan pascaoperasi pada operasi jantung dewasa dikamar operasi pusat jantung terpadu RSCM. METODE: Data dikumpulkan secara konsekutif pada 31 pasien operasi jantung terbuka menggunakan mesin pintas jantung-paru, usia 18-65 tahun dan ASA 1-3. Kelompok 1 (15 pasien) mendapatkan asam traneksamat bolus 1gram sebelum CPB dan 1gram saat priming, kelompok 2 mendapatkan asam traneksamat 1gram bolus sebelum CPB dilanjutkan 1gram drip dalam 8jam. Pendarahan dihitung dari drain mediastinal terhitung sejak off-pump CPB. Dilakukan juga pencatatan penggunaan produk darah, indeks lisis bekuan 30 (TEG), d-dimer dan fibrinogen, serta lama rawat ICU. HASIL: Produksi drain 6jam, 12 jam dan 24jam pada kelompok 2 (171, 252, 386cc), lebih rendah dibandingkan dengan kelompok 1 (325, 409, 555cc) dan bermakna secara statistik pada 3 kali pengukuran (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Anas Alatas - Nama Orang
Dita Aditianingsih - Nama Orang
Ratna Farida Soenarto - Nama Orang

No. Panggil
T13445fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 50 hal., lamp. 5
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13445fkT13445fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Keefektifan Metode Pemberian Asam Traneksamat pada Operasi Jantung Terbuka Dewasa Dalam Mengurangi Pendarahan Pascaoperasi Pemberian Bolus Intravena dan Penambahan pada Cairan Priming Dibandingkan dengan Bolus Intravena Dilanjutkan Infusi Kontinyu = The Effectiveness of Tranexamic Acid Method of Administration in Adult Open Cardiac Surgery to Reduce Postoperative Bleeding Intravenous Bolus Administration with Addition on Priming Solution Compared with Intravenous Bolus Followed by Continous Intravenous Infusion.

Related Collection