Text

PERBANDINGAN ANGKA KEJADIAN EFEK SAMPING INTRASEDASI ANTARA KETAMIN-TCI PROPOFOL DENGAN FENTANYL-TCI PROPOFOL PADA PROSEDUR ERCP = COMPARISON OF INTRASEDATION ADVERSE EVENTS BETWEEN KETAMINE-PROPOFOL TCI AND FENTANYL-PROPOFOL TCI IN ERCP PROCEDURES.

LATAR BELAKANG: Sedasi dan analgesia yang baik diperlukan dalam prosedur Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP). Spektrum terapeutik propofol sebagai agen sedatif pilihan yang sempit bila dikombinasikan dengan opioid seperti fentanyl menyebabkan angka kejadian efek samping akibat sedasi terutama desaturasi oksigen yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan membandingkan efek ketamin (0,2 mg/kgBB) dengan fentanyl (1,5 mcg/kgBB) sebagai ajuvan propofol dalam mengurangi angka kejadian efek samping intrasedasi, serta mengetahui waktu discharge dan kebutuhan dosis propofol pada ERCP. METODE: 36 pasien ERCP dengan usia 18-65 tahun, IMT 18-30 kg/m dan status fisik ASA 1-3 dirandomisasi. Satu kelompok (18 pasien) mendapatkan bolus ketamin 0,2 mg/kgBB, kelompok lainnya (18 pasien) mendapatkan bolus fentanyl 1,5 mcg/kgBB. Kedua kelompok selanjutnya menggunakan TCI propofol rumusan Schneider dengan target konsentrasi efek (Ce). Target Ce dimulai dari 2 mcg/ml dinaikkan 1 mcg/ml setiap menitnya (Ce maksimal 4 mcg/ml) hingga tercapai nilai IOC 45-60 yang dipertahankan selama prosedur berlangsung. Dilakukan pencatatan ada tidaknya kejadian desaturasi oksigen dan hipotensi, serta kebutuhan dosis propofol selama prosedur dan waktu discharge. HASIL: Angka kejadian desaturasi oksigen pada kelompok ketamin-TCI propofol (11,1%) lebih rendah dibandingkan dengan kelompok fentanyl-TCI propofol (55,6%) dan secara statistik bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Lisa Sanjaya - Nama Orang
Aida R. Tantri - Nama Orang
Arif H.M. Marsaban - Nama Orang

No. Panggil
T13443fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiii, 57 hal., lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13443fkT13443fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of PERBANDINGAN ANGKA KEJADIAN EFEK SAMPING INTRASEDASI ANTARA KETAMIN-TCI PROPOFOL DENGAN FENTANYL-TCI PROPOFOL PADA PROSEDUR ERCP = COMPARISON OF INTRASEDATION ADVERSE EVENTS BETWEEN KETAMINE-PROPOFOL TCI AND FENTANYL-PROPOFOL TCI IN ERCP PROCEDURES.

Related Collection