Text

Pengaruh Terapi Relaksasi Terhadap Kecemasan dan Kualitas Hidup : Studi Intervensi pada Pasien Pasca Tindakan Jantung = The influence of relaxation therapy on anxiety and quality of life : the study of intervention in patients after cardiac intervention.

Latar belakang : Cukup tingginya prosedur tindakan jantung yang dilaksanakan di rumah sakit serta terdapatnya kecemasan pasca tindakan jantung akan mempengaruhi kualitas hidup pasien. Latihan relaksasi otot progresif merupakan suatu bentuk latihan relaksasi yang dapat mengatasi kecemasan pada subjek pasca tindakan jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat gejala kecemasan serta kualitas hidup subjek pasca tindakan jantung sebelum dan sesudah latihan relaksasi otot progresif. Metode : Penelitian ini adalah studi intervensi dengan desain pre dan post satu kelompok pada 7 orang subjek pasca tindakan jantung yang mengikuti program rehabilitasi jantung fase II. Subjek dinilai tingkat gejala kecemasan dan kualitas hidup nya dengan menggunakan Hamilton Anxiety Scale dan SF 36. Subjek dengan gejala kecemasan diberikan latihan relaksasi otot progresif selama 6 minggu, 2 kali perhari. Setelah 6 minggu kembali dinilai tingkat gejala kecemasan dan kualitas hidup nya . Hasil : Didapatkan penurunan tingkat gejala kecemasan yang bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Belinda Jacqueline Latumeten - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang
Dono Antono - Nama Orang
Deddy Tedjasukmana - Nama Orang

No. Panggil
T13431fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.,
Deskripsi Fisik
xix, 59 hal., lamp. 10
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13431fkT13431fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Terapi Relaksasi Terhadap Kecemasan dan Kualitas Hidup : Studi Intervensi pada Pasien Pasca Tindakan Jantung = The influence of relaxation therapy on anxiety and quality of life : the study of intervention in patients after cardiac intervention.

Related Collection