Text

Setahun Evaluasi Tatalaksana Striktur Uretra dengan Kuesioner dan Uroflowmetri = Using Patients Reported Questionnaires and Uroflowmetry.

Dalam tatalaksana striktur uretra dibutuhkan adanya evaluasi pasien jangka panjang. Hingga saat ini, hanya terdapat sedikit studi yang mengevaluasi hasil tatalaksana striktur uretra dengan mengombinasikan gejala-gejala yang dialami pasien dengan studi berkemih. Pada tulisan ini akan dibahas mengenai gejalagejala yang dikeluhkan pasien, kualitas hidup, pancaran berkemih, dan residu pasca berkemih pada pasien yang telah mendapatkan tatalaksana striktur uretra di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang dievaluasi selama lebih dari setahun. Data demografik pasien, jenis pembedahan, skor International Prostate Symptoms Score (IPSS), skor kualitas hidup (QoL), pancaran berkemih (FR), dan residu urin pascaberkemih (PVR) dikumpulkan. Pasien dipantau saat tiga bulan, enam bulan, dan setahun pascaoperasi dengan kuesioner, FR, dan PVR. Dari total 230 pasien striktur uretra, 65 pasien telah memenuhi kriteria dan menyelesaikan pengumpulan data praoperasi dan pascaoperasi. Usia rerata pasien adalah 41.19 ± 20.44 tahun. Tiga puluh tujuh DVIU, 20 end-to-end anastomosis, dan 8 graft urethroplasty dilakukan. Semua pasien yang mendapatkan tatalaksana striktur menunjukkan peningkatan skor IPSS (-22.64, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Ervita Mediana - Nama Orang
Irfan Wahyudi - Nama Orang
Arry Rodjani - Nama Orang

No. Panggil
T13440fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi.,
Deskripsi Fisik
x, 16 hal. ; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13440fkT13440fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Setahun Evaluasi Tatalaksana Striktur Uretra dengan Kuesioner dan Uroflowmetri = Using Patients Reported Questionnaires and Uroflowmetry.

Related Collection