Text

Perbandingan Cadangan Ovarium pada Wanita Infertil Dengan dan Tanpa Endometriosis yang Diukur Dengan Hormon Anti-Müller (Anti Müllerian Hormone) = Comparison of Ovarian Reserve In Infertile Women with and without Endometriosis Measured with Anti Müllerian Hormone.

Tujuan: Membandingkan dan menentukan rerata kadar AMH serum pada wanita infertil dengan tanpa endometriosis serta mengetahui rerata kadar AMH serum pada masing-masing derajat endometriosis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang (cross sectional). Enam puluh delapan subjek yang menjalani laparoskopi, yang masuk dalam kriteria penerimaan dibagi menjadi dua kelompok sama besar, yakni kelompok endometriosis dan tanpa endometriosis secara konsekutif (consecutive sampling). Masing-masing subjek diambil percontoh dari darah sebelum dilakukan laparoskopi kemudian diukur kadar AMH serum. Rerata masing-masing kelompok diuji statistik dengan uji Mann-Whitney. Hasil: Rerata kadar AMH serum pada kelompok endometriosis lebih rendah dibandingkan dengan tanpa endometriosis dan secara statistik berbeda bermakna (2,30+1,8 ng/ml vs 3,75+2,13 ng/ml; p=0,005). Dengan uji Kruskal-Wallis, didapatkan perbedaan bermakna secara statistik pada subjek kelompok endometriosis berdasarkan derajat endometriosis (p=0,005). Bila dilakukan pengelompokkan kelompok endometriosis minimal-ringan dan kelompok endometriosis sedang-berat dibandingkan dengan kelompok tanpa endometriosis, maka hasilnya menunjukkan tidak adanya hubungan yang bermakna antara kadar AMH serum pada kelompok endometriosis minimal-ringan dengan kelompok tanpa endometriosis (p=0,34), sedangkan pada kelompok endometriosis sedangberat dengan kelompok tanpa endometriosis terdapat hubungan yang bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Naivah Harharah - Nama Orang
Muharram - Nama Orang
T.Z.Jacoeb - Nama Orang

No. Panggil
T13384fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 48 hal., lamp. 2
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13384fkT13384fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Cadangan Ovarium pada Wanita Infertil Dengan dan Tanpa Endometriosis yang Diukur Dengan Hormon Anti-Müller (Anti Müllerian Hormone) = Comparison of Ovarian Reserve In Infertile Women with and without Endometriosis Measured with Anti Müllerian Hormone.

Related Collection