Text

Hubungan laktat ibu dan laktat arteri umbilikalis dengan asidemia janin sebagai prediktor asfiksia neonatorum = The association of maternal lactate and umbilical arterial lactate with fetal acidemia as a predictor of neonatal asphyxia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan menilai hubungan laktat ibu dan laktat arteri umbilikalis dengan asidemia janin Metode: Penelitian desain uji diagnostik dengan 42 ibu hamil dengan janin tunggal hidup usia gestasi ≥ 34minggu dengan FDJP < 5 atau kecurigaan asidemia janin di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo pada bulan November 2012 hingga Februari 2013. Laktat ibu dievaluasi segera saat ditegakkan diagnosis kecurigaan asidemia janin, analisa gas darah dan laktat arteri umbilikalis diambil segera saat bayi lahir. Asidemia janin ditegakkan dengan pH arteri umbilkalis < 7,2. Kadar laktat diukur dengan menggunakan Lactate Pro. Nilai diagnostik laktat ibu dan laktat a.umbilikalis untuk memprediksi asidemia janin diuji dengan metode Receiver Operating Character (ROC). Hasil: Sebanyak 39 subyek penelitian yang diperoleh data laktat ibu & laktat arteri umbilikalisnya dan 3 subyek penelitian yang diperoleh data laktat ibunya saja. Untuk memprediksi asidemia janin laktat ibu mempunyai akurasi 88.9% (IK 95% 0,791-0,987). Secara statistik terdapat asosiasi antara laktat ibu dengan asidemia janin (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Trestyawaty - Nama Orang
Damar Prasmusinto - Nama Orang

No. Panggil
T13390fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51 hal., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13390fkT13390fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan laktat ibu dan laktat arteri umbilikalis dengan asidemia janin sebagai prediktor asfiksia neonatorum = The association of maternal lactate and umbilical arterial lactate with fetal acidemia as a predictor of neonatal asphyxia.

Related Collection