Text

Ekspresi Imunositokimia HBME-1 pada Nodul Tiroid Diferensiasi Sel Folikel = Immunocytochemical Expression of HBME-1 in Follicular Differentiation of Thyroid Nodules.

Latar Belakang: Pemeriksaan sitologi biopsi aspirasi jarum halus (BAJaH) nodul tiroid sangat diperlukan sebagai skrining prabedah. Diagnosis sitologi yang akurat menjadi acuan klinisi dalam penatalaksanaan pasien. Terdapat gambaran sitomorfologik intermediet yang menyulitkan untuk menentukan lesi jinak atau lesi ganas, sehingga perlu dilakukan pulasan imunositokimia untuk meningkatkan akurasi. HBME-1 telah banyak digunakan pada spesimen jaringan sebagai salah satu penanda karsinoma tiroid dengan nilai sensitivitas dan spesifisitas yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai diagnostik pemeriksaan imunositokimia HBME-1 pada spesimen BAJaH tiroid. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik uji diagnostik menggunakan desain potong lintang. Pemilihan sampel dengan cara konsekutif periode tahun 2010-2012 yang didiagnosis berdasarkan klasifikasi Bethesda 2007 mendapatkan 54 kasus sitologik BAJaH. Dilakukan pulasan imunositokimia HBME-1 diikuti dengan penilaian positivitas ekspresi dan dilanjutkan dengan penilaian sensitivitas, spesifisitas menggunakan diagnosis histopatologik sebagai baku emas. Uji statistik menggunakan SPSS 20 dengan uji Fisher’s exact. Hasil: Terdapat 43 dari 45 (96%) kasus karsinoma tiroid diferensiasi sel folikel menunjukkan HBME-1 positif dan hanya 1 dari 9 kasus jinak menunjukkan hasil positif. Terdapat hubungan yang bermakna antara positivitas HBME-1 dengan Karsinoma tiroid diferensiasi sel folikel (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Evi Darwin - Nama Orang
Benyamin Makes - Nama Orang
Lisnawati - Nama Orang

No. Panggil
T13393fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Patologi Anatomik.,
Deskripsi Fisik
xii, 45 hal., lamp. 8
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13393fkT13393fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Ekspresi Imunositokimia HBME-1 pada Nodul Tiroid Diferensiasi Sel Folikel = Immunocytochemical Expression of HBME-1 in Follicular Differentiation of Thyroid Nodules.

Related Collection