Text

Ekspresi Sitoglobin pada Jaringan Ginjal Tikus Hipoksia Sistemik Kronik = Cytoglobin expression in rat kidney tissue during chronic systemic hypoxia.

Ginjal merupakan organ yang dalam keadaan normoksia sekalipun rentan terhadap keadaan hipoksia. Salah satu mekanisme adaptasi terhadap keadaan hipoksia sistemik kronik adalah dengan mengekspresikan Cygb. Cygb berperan untuk mensuplai O 2 ke mitokondria. Penyedian O dilakukan untuk reaksi hidroksilasi prolin pada sintesis kolagen dan asparagin pada HIF-1. Penelitian 2 ini bertujuan untuk menganalisis ekspresi relatif mRNA dan protein Cygb pada jaringan ginjal tikus yang diinduksi hipoksia sistemik kronik. Penelitian eksperimental ini menggunakan 25 tikus Sprague-Dawley yang dibagi menjadi 5 kelompok, yakni: kontrol (normoksia: 20% oksigen/80% nitrogen), 1, 3, 7 dan 14 hari hipoksia (10% oksigen/90% nitrogen). Organ ginjal diambil setelah tikus dibedah. Parameter yang diukur adalah ekspresi relatif mRNA dan protein Cygb. Pengukuran mRNA dilakukan dengan menggunakan iScript One-Step SYBR Green (BioRad, NY). Protein Cygb diukur dengan menggukan Enzyme-Linked Immunosorbet Assay Kit (USCN). Ekspresi relatif mRNA dan protein Cygb mengalami titik puncak pada hipoksia 3 hari. Keduanya memiliki korelasi sangat kuat (r 2 = 0.96, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Ika Superti Daruningrum - Nama Orang
Ani Retno Prijanti - Nama Orang
Sri Widia A. Jusman - Nama Orang

No. Panggil
T13365fk
Penerbit
Jakarta : Program Megister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 83 hal., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13365fkT13365fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Ekspresi Sitoglobin pada Jaringan Ginjal Tikus Hipoksia Sistemik Kronik = Cytoglobin expression in rat kidney tissue during chronic systemic hypoxia.

Related Collection