Text

Perbandingan Efek Latihan Jentera dan Sepeda Statis pada Pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronik Stabil Terhadap Kapasitas Fungsional dan Kualitas Hidup = Comparison of Treadmill and Ergocycle Exercise Effects on Stable Chronic Obstructive Pulmonary Disease Patients in Functional Capacity and Quality of Life.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai perbedaan latihan jentera dan sepeda statis terhadap perubahan kapasitas fungsional dan kualitas hidup pada penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) kondisi stabil. Metode: Metode penelitian eksperimental dengan jumlah sampel 44 orang, terdiri dari 22 orang dengan latihan sepeda statis dan 22 orang dengan latihan jentera yang datang ke poli Rehabilitasi Medik RS Persahabatan. Penilaian kapasitas fungsional menggunakan metode Uji Jalan 6 Menit (UJ6M) dilakukan minggu I, V dan IX. Penilaian kualitas hidup diukur menggunakan St. George’s Respiratory Questionnaire (SGRQ) dilakukan minggu I dan IX. Program latihan dilakukan selama 8 minggu. Hasil: Latihan jentera dan sepeda statis menghasilkan perbaikan signifikan baik dalam hal hasil uji jalan 6 menit dan SGRQ sejak minggu I sampai IX. Namun dalam perbandingan latihan yang memberikan hasil terbaik, jentera meningkatkan jarak tempuh jalan 6 menit lebih baik dibandingkan sepeda statis secara konsisten pada minggu I–V, V-IX dan I-IX (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Helena Turnip - Nama Orang
Anita Ratnawati - Nama Orang
Angela B. M. Tulaar - Nama Orang
Faisal Yunus - Nama Orang

No. Panggil
T13361fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 98 hal., lamp. 13
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13361fkT13361fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Efek Latihan Jentera dan Sepeda Statis pada Pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronik Stabil Terhadap Kapasitas Fungsional dan Kualitas Hidup = Comparison of Treadmill and Ergocycle Exercise Effects on Stable Chronic Obstructive Pulmonary Disease Patients in Functional Capacity and Quality of Life.

Related Collection