Text

Studi Deteksi Toksisitas Pajanan Toluena pada Saraf Optik Tikus Wistar Jantan = Toxicity Study of Toluene Exposure in Male Wistar Rat Optic Nerve.

Toluena adalah bahan kimia yang banyak digunakan sebagai bahan dasar dan pelarut di bidang industri. Toluena bersifat neurotoksik, dapat menembus sawar darah-akson sehingga dapat menyebabkan gangguan di sistim saraf pusat serta saraf tepi termasuk di saraf optik. Pada penelitian sebelumnya pajanan inhalasi kronis toluena dosis tinggi pada tikus dapat meningkatan kadar malondialdehyde (MDA). Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui efek pajanan toluena terhadap saraf optik, dengan pemeriksaan kadar MDA plasma, MDA saraf optik dan histopatologi saraf optik. Tiga puluh tikus wistar jantan dibagi menjadi lima kelompok, yaitu kelompok kontrol, kelompok pajanan toluena 12.5 ppm, 25 ppm, 50 ppm, dan 100 ppm selama 4 jam/hari dalam waktu 2 minggu. Kondisi lingkungan dipertahankan pada suhu berkisar 25 o C-32 o C dengan kelembaban relatif 30%-70 % Pemeriksaan kadar MDA plasma dan MDA saraf optik dilakukan dengan metode Thiobarbituric Acid Reactive Substances (TBARS). Penilaian histopatologis saraf optik dengan pewarnaan biru toluidin dan mikroskop cahaya. Dari hasil penelitian ditemukan perbedaan median nilai histopatologi saraf optik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Ferdianto - Nama Orang
Fikry Effendi - Nama Orang
Astrid B Sulistomo - Nama Orang
H. Ahmad Aulia Jusuf - Nama Orang

No. Panggil
T13351fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 56 hal., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13351fkT13351fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Studi Deteksi Toksisitas Pajanan Toluena pada Saraf Optik Tikus Wistar Jantan = Toxicity Study of Toluene Exposure in Male Wistar Rat Optic Nerve.

Related Collection