Text

Studi deteksi toksisitas pajanan toluena pada organ ginjal tikus wistar jantan = Detection study toxicity of toluene exposure in male wistar rat kidney.

Toluena merupakan pelarut yang digunakan di berbagai industri. Toluena mempunyai efek toksik ke berbagai organ. Pada tahap biomolekuler, toluena merubah struktur lipid membrane sel, sehingga meningkatkan kadar MDA plasma dan jaringan. Di ginjal, toluena menyebabkan kerusakan tubulus. Penelitian yang bertujuan mengetahui secara dini efek pajanan toluena pada ginjal, dengan memeriksa kadar MDA plasma, kadar MDA ginjal, dan kerusakan histopatologis tubulus ini, menggunakan lima kelompok tikus dengan pajanan 12.5 ppm, 25 ppm, 50 ppm, 100 ppm, dan kelompok kontrol tanpa pajanan. Dari hasil penelitian ini ditemukan perbedaan rerata kadar MDA ginjal (p=0.024) dan nilai histopatologis ginjal (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Stevens Bernado kristanto - Nama Orang
Muchtaruddin Mansyur - Nama Orang
Fikry Effendi - Nama Orang
Sutjahjo Endardjo - Nama Orang

No. Panggil
T13321fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi.,
Deskripsi Fisik
xv, 44 hal., lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13321fkT13321fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Studi deteksi toksisitas pajanan toluena pada organ ginjal tikus wistar jantan = Detection study toxicity of toluene exposure in male wistar rat kidney.

Related Collection