Text

Efektifitas peregangan otot bahu sebelum bekerja terhadap perubahan skala nyeri bahu (Studi pada pekerja informal industri tenun) = Effectiveness shoulder muscles stretching before working toward change shoulder pain scale study on informal workers weaving industry.

Latar Belakang: Industri informal tenun Troso – Jepara masih menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang proses pengoperasiaannya memerlukan kekuatan fisik yang besar terutama tangan, sehingga meningkatkan risiko terjadinya nyeri bahu. Program peregangan dan penguatan otot sering digunakan dalam pengobatan konservatif nyeri bahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuinya efektifitas peregangan otot bahu dalam menurunkan skala nyeri bahu pada pekerja informal industri tenun. Metode: Penelitian ini menggunakan desain eksperimental tanpa kontrol dengan intervensi berupa 6 gerakan peregangan otot bahu yang dilakukan sebelum bekerja, dipandu oleh seorang guru olah raga dilakukan ditempat kerja selama 6 hari berturut – turut. Subjek penelitian adalah pekerja informal industri tenun dari 1 perusahaan berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, dan pengukuran skala nyeri dengan menggunakan Visual analogue Scale (VAS). Hasil: Dari 31 subjek, proporsi nyeri bahu terbanyak sebelum intervensi terdapat pada kategorik “nyeri ringan” (41,9%) dengan rentang VAS (1,7-3,3). Sedangkan setelah intervensi paling banyak ada di kategorik “nyeri sangat ringan” (41,9%) dengan rentang VAS (0–1,6). Terjadi penurunan skala nyeri bahu yang bermakna baik secara numerik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Rika Nurmayanti - Nama Orang
Dewi S Soemarko - Nama Orang
Setyawati Budiningsih - Nama Orang

No. Panggil
T13305fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 90 hal., lamp. 7
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13305fkT13305fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektifitas peregangan otot bahu sebelum bekerja terhadap perubahan skala nyeri bahu (Studi pada pekerja informal industri tenun) = Effectiveness shoulder muscles stretching before working toward change shoulder pain scale study on informal workers weaving industry.

Related Collection