Text

Reaktivitas uji tuberkulin pasca-BCG pada anak usia 2 dan 5 tahun di Jakarta tahun 2013 = Tuberculin reactivity post-BCG among 2 and 5 year old children in Jakarta, 2013.

Latar belakang: Uji tuberkulin merupakan metode yang digunakan untuk mendeteksi infeksi tuberkulosis pada anak. Interpretasi hasil uji tuberkulin positif pada anak usia kurang dari 5 tahun yang telah mendapatkan imunisasi BCG dapat menimbulkan keraguan, karena hasil positif juga dapat dihasilkan akibat imunisasi tersebut. Pada sarana terbatas, diagnosis kerja TB anak dapat ditegakkan dengan menggunakan sistem penilaian (skor) TB. Tujuan: Mengetahui hasil reaksi uji tuberkulin pada anak kelompok usia 2 dan 5 tahun yang telah mendapat imunisasi BCG pada usia 0-2 bulan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian desain potong lintang yang dilaksanakan selama periode Oktober – Desember 2012 pada anak sehat di 12 posyandu di Jakarta Selatan dan 3 Taman Kanak-kanak di Jakarta Timur, Barat, dan Utara. Anak yang memenuhi kriteria penelitian menjalani pemeriksaan fisis dan uji tuberkulin yang dibaca 48-72 jam sesudahnya. Anak dengan hasil uji tuberkulin positif dan/atau terpajan pasien TB dewasa dinilai skor TB dan menjalani evaluasi lebih lanjut di pusat kesehatan rujukan. Hasil: Proporsi uji tuberkulin positif pada anak kelompok usia 2 tahun yang sudah mendapat imunisasi BCG pada usia 0-2 bulan adalah 7 dari 84 anak (8%). Proporsi uji tuberkulin positif pada anak kelompok usia 5 tahun yang sudah mendapat imunisasi BCG pada usia 0-2 bulan adalah 8 dari 79 anak (10%). Proporsi anak dengan riwayat BCG pada usia 0-2 bulan, hasil uji tuberkulin positif dan memiliki skor TB ≥6 adalah 3 dari 7 anak kelompok usia 2 tahun dan 3 dari 8 anak pada kelompok usia 5 tahun. Semua anak kelompok usia 2 tahun dan sebagian besar anak kelompok usia 5 tahun dengan hasil uji tuberkulin positif terpajan pasien TB paru dewasa dengan BTA sputum positif. Kesimpulan: Uji tuberkulin dapat digunakan pada balita dengan riwayat BCG untuk mengetahui adanya infeksi TB karena hasil uji tuberkulin positif pada anak usia 2 dan 5 tahun dengan riwayat BCG usia 0-2 bulan masing-masing hanya 8% dan 10%
Kata kunci: uji tuberkulin, imunisasi BCG, balita


Background: Tuberculin skin test is a method used to detect tuberculosis infection in children. Its interpretation in under-five children with history of BCG immunization is questioned because the ability of BCG to produce positive reaction. In limited setting, approach to establish diagnosis of tuberculosis in children can be based on Pediatric TB scoring introduced by Indonesian Pediatric Society. Objective: To study the proportion of tuberculin reactivity among 2- and 5-yearold children with history of BCG immunization. Methods: Cross-sectional descriptive study conducted during October to December 2012. Subjects are healthy 2- or 5-year-old children from 12 integrated population-based healthcare posts (Posyandu) in South Jakarta and 3 kindergarten di East, West, and North of Jakarta. Physical examination and tuberculin test was performed on every subjects. Children with positive tuberculin test and/or exposed to adult TB patients were evaluated using Pediatric TB scoring and refered to nearest healthcare centers. Results: Tuberculin positivity among 2-year-old with history of BCG immunization is 7 of 84 children (8%). Tuberculin positivity among 5-year-old with history of BCG immunization is 8 of 79 children (10%). Proportion of children with positive tuberculin skin test, history of BCG immunization and TB score ≥6 is 3 of 7 on 2-year-old children group and 3 of 8 on 5-year-old children group. All 2-year-olds and most of 5-year-olds with positive tuberculin skin test is exposed to adult tuberculosis patients with positive acid-fast bacili sputum-smear. Conclusion: Tuberculin test can be utilized to examine tuberculosis infection on under-five children with history of BCG immunization because tuberculin positivity among 2- and 5-year-old children with history of BCG are only 8% dan 10%, respectively.
Keywords: tuberculin skin test, BCG immunization, children ≤ 5-year-old

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Rizkinawati Azwar - Nama Orang
H.Arwin A.P. Akib - Nama Orang
Darmawan Budi Setyanto - Nama Orang

No. Panggil
T13274fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xiv, 50 hal., lamp. 4
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13274fkT13274fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Reaktivitas uji tuberkulin pasca-BCG pada anak usia 2 dan 5 tahun di Jakarta tahun 2013 = Tuberculin reactivity post-BCG among 2 and 5 year old children in Jakarta, 2013.

Related Collection