Text

Pengaruh edukasi terstruktur dan kepatuhan minum obat antihipertensi terhadap penurunan tekanan darah pasien hipertensi usia lanjut : uji klinis acak tersamar ganda = Effect of structured education and antihypertensive medications adherence to decrease blood pressure for hypertension in elderly : a randomized controlled trial.

Pendahuluan Edukasi dan kepatuhan minum obat antihipertensi pada pasien hipertensi usia lanjut adalah salah satu faktor yang menjadi bagian tatalaksana hipertensi secara holistik dan komprehensif, mengingat hipertensi merupakan salah satu masalah pada usia lanjut yang sangat penting, dan memberikan dampak berbagai komplikasi kardiovaskular yang tinggi pada usia lanjut. Tujuan Mempelajari pengaruh edukasi terstruktur dan kepatuhan minum obat antihipertensi dalam bentuk pengisian checklist untuk membantu penurunan tekanan darah sebagai bagian dari tatalaksana hipertensi pada pasien usia lanjut Metode Dilakukan uji klinis acak tersamar ganda mulai Oktober 2012 hingga Februari 2013 terhadap 188 pasien usia lanjut dengan hipertensi di tiga poliklinik di RSCM Jakarta Indonesia. Subyek dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok I yang mendapat edukasi terstruktur dan checklist, kelompok II yang mendapat edukasi terstruktur dan kelompok III tanpa edukasi terstruktur dengan checklist. Edukasi terstruktur dan checklist diberikan sebanyak 3 kali perbulan selama 90 hari. Dilakukan analisis dengan uji anova untuk melihat perbedaan tekanan darah pada ketiga kelompok setelah intervensi dengan prinsip analisis per protocol. Hasil Hasil randomisasi pada ketiga kelompok, didapatkan 182 subyek yang sesuai kriteria penelitian dan mengikuti penelitian sampai akhir, masing-masing terdiri dari 60 subyek pada kelompok I, 61 subyek pada kelompok II dan 61 subyek pada kelompok III. Pada akhir pengamatan, TDS kelompok I turun menjadi 130 (90179) mmHg, TDS kelompok II turun menjadi 135(80-174) mmHg, sedangkan TDS kelompok III turun menjadi 133 (102-209) mmHg (p=0,04). TDD kelompok I turun menjadi 70 (48-100) mmHg, TDD kelompok II turun menjadi 74 (45-103) mmHg, sedangkan TDD kelompok III turun menjadi 78 (60-102) mmHg (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Ayatullah Khomaini - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang
Aida Lydia - Nama Orang
Esthika Dewiasty - Nama Orang

No. Panggil
T13279fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 61 hal., lamp. 4
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13279fkT13279fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh edukasi terstruktur dan kepatuhan minum obat antihipertensi terhadap penurunan tekanan darah pasien hipertensi usia lanjut : uji klinis acak tersamar ganda = Effect of structured education and antihypertensive medications adherence to decrease blood pressure for hypertension in elderly : a randomized controlled trial.

Related Collection