Text

Faktor risiko methicillin resistant staphylococcus aureus pada pasien infeksi kulit dan jaringan lunak di ruang rawat inap = Risk factors for methicillin resistant staphylococcus aureus among patients with skin and soft tissue infections in inpatient ward.

Latar Belakang: Infeksi kulit dan jaringan lunak (IKJL) oleh MRSA di ruang rawat inap merupakan masalah nosokomial yang meningkat prevalensinya setiap tahun. Hal tersebut akan meningkatkan angka mortalitas, biaya dan lama rawat bila tidak dikelola dengan baik. Faktor-faktor risiko terjadinya infeksi MRSA pada pasien IKJL di ruang rawat inap penting untuk diketahui agar dapat dilakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian terhadap faktor-faktor risiko tersebut sehingga pada gilirannya diharapkan kejadian MRSA pada pasien IKJL dapat dicegah atau dikendalikan. Tujuan: Mengetahui proporsi IKJL oleh MRSA dan mempelajari faktor-faktor yang berhubungan dengan risiko terinfeksi MRSA pada penderita IKJL di ruang rawat inap Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Metode: Penelitian ini menggunakan studi kasus kontrol. Data dikumpulkan dari catatan rekam medis pasien rawat inap RSCM yang memiliki IKJL. Kelompok kasus adalah subjek dengan IKJL oleh MRSA, kelompok kontrol adalah subjek dengan IKJL oleh non-MRSA. Analisis bivariat dilakukan pada 9 variabel bebas yaitu pemakaian antibiotik sebelum kultur, infeksi HIV, IVDU, penggunaan kortikosteroid, prosedur medis invasif, DM, keganasan, riwayat hospitalisasi dan ruang rawat. Semua variabel yang mempunyai nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Mochamad Iqbal Hassarief Putra - Nama Orang
Suhendro - Nama Orang
Rr. Dyah Purnamasari - Nama Orang
Tonny Loho - Nama Orang
Murdani Abdullah - Nama Orang

No. Panggil
T13252fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 82 hal., lamp. 2
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13252fkT13252fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor risiko methicillin resistant staphylococcus aureus pada pasien infeksi kulit dan jaringan lunak di ruang rawat inap = Risk factors for methicillin resistant staphylococcus aureus among patients with skin and soft tissue infections in inpatient ward.

Related Collection