Text

Pengaruh gaya belajar dan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar bertahap tingkat kesiapan belajar mandiri mahasiswa di program studi pendidikan dokter Universitas Bengkulu = Influence of learning style and student's perception about educational environment related to student's self directed learning readiness level in medical study program Bengkulu University.

Latar Belakang: Setiap mahasiswa akan memilih gaya belajar yang menguntungkan untuk situasi belajar tertentu. Gaya belajar aktivis diduga lebih sesuai untuk aktivitas belajar mandiri dibandingkan dengan gaya belajar lain. Lingkungan belajar yang dirancang untuk pembelajaran mahasiswa akan memunculkan persepsi yang berbeda, baik persepsi positif maupun negatif. Persepsi ini diduga dapat mendorong atau menghambat belajar mandiri. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain kasus kontrol. Populasi terdiri atas mahasiswa yang tidak siap (kasus) dan siap belajar mandiri (kontrol) dengan minimal sampel sebanyak 55 mahasiswa untuk masing-masing populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap pertama dengan pengisian kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale (SLDRS) Fisher dan tahap kedua dengan pengisian kuesioner Learning Style Questionairre (LSQ) Honey-Mumford dan Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 13.00. Hasil: Gaya belajar aktivis tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan tingkat kesiapan belajar mandiri (p>0.05) namun persepsi mahasiswa mengenai lingkungan belajar memiliki hubungan yang bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Zayadi Zainuddin - Nama Orang
Mpu Kanoko - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T13239fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiii, 52 hal., lamp. 8
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13239fkT13239fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh gaya belajar dan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar bertahap tingkat kesiapan belajar mandiri mahasiswa di program studi pendidikan dokter Universitas Bengkulu = Influence of learning style and student's perception about educational environment related to student's self directed learning readiness level in medical study program Bengkulu University.

Related Collection