Text

Korelasi persentase lemak tubuh dengan kadar angiotensinogen plasma penderita hipertensi etnik minangkabau di Kota Padang = Correlation body fat percentage with plasma angiotensinogen level in hypertensive Minangkabau ethnic in Padang.

Sekitar 60-70% hipertensi pada orang dewasa berhubungan dengan kelebihan lemak tubuh yang berhubungan peningkatan kadar angiotensinogen (AGT) yang berperan dalam peningkatan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi persentase lemak tubuh, indeks massa tubuh (IMT), dan lingkar pinggang (LP) dengan kadar AGT plasma pada penderita hipertensi etnik Minangkabau. Sebanyak 63 orang penderita hipertensi, berusia 35–54 tahun, di Padang diambil secara konsekutif. Pada seluruh subyek dilakukan wawancara untuk mengetahui karakteristik dan aktivitas fisik. Penilaian asupan makanan, pengukuran persentase lemak tubuh, antropometri dan pemeriksaan kadar AGT plasma juga dilakukan. Data dianalisis menggunakan uji t tidak berpasangan dan uji korelasi. Rerata asupan lemak lebih besar dibading yang dianjurkan untuk orang Indonesia. Rerata persentase lemak tubuh subyek penelitian adalah 37,45 ± 5,95% (pada subyek laki-laki 27,70 ± 2,58 dan pada subyek perempuan 38,29 ± 5,38) dan rerata IMT 26,83 ±3,59 kg/m 2. Sebanyak 92,1% subyek mepunyai LP yang lebih besar dari nilai normal. Rerata kadar AGT plasma 40.113 ± 8,033 ng/mL. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dan usia dengan kadar AGT plasma. Persentase lemak tubuh mempunyai korelasi yang sedang dengan kadar AGT plasma (r=0,426; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Desmawati - Nama Orang
Diyah Eka Andayani - Nama Orang
Imam Effendi - Nama Orang

No. Panggil
T13176fk
Penerbit
Jakarta : S2 PROGRAM STUDI ILMU GIZI.,
Deskripsi Fisik
xv, 87 hal., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13176fkT13176fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi persentase lemak tubuh dengan kadar angiotensinogen plasma penderita hipertensi etnik minangkabau di Kota Padang = Correlation body fat percentage with plasma angiotensinogen level in hypertensive Minangkabau ethnic in Padang.

Related Collection