Text

Angka tahan hidup penderita kanker paru berdasarkan kepositifan sitologi cairan pleura dan atau histopatologi biopsi pleura = Survival rate of lung cancer with positivity pleural fluid citology and of histopatology pleural biopsy.

Pendahuluan : Efusi pleura pada kanker paru merupakan salah satu faktor prognostik yang buruk dan menjadi dasar perubahan TNM sistem versi 7 yang menetapkan efusi pleura sebagai faktor metastasis. Efusi pleura malignan merupakan tanda keganasan stage lanjut dengan tingkat harapan hidup yang pendek, berkisar antara 3 hingga 12 bulan tergantung dari tipe dan stage penyakit pada saat di diagnosis. Metode : Penelitian kohort retrospektif dari catatan medis pasien kanker paru di RSUP Persahabatan Jakarta periode 1 Januari 2010 – 31 Desember 2011. Angka penderita kanker paru yang tercatat masuk bangsal perawatan pada periode 1 januari 2010 – 31 desember 2011 adalah 729 pasien, penderita kanker paru disertai efusi pleura sebanyak 315 pasien. Penetapan sampel dengan rumus rules of thumb didapat 50 pasien dengan sitologi dan atau histopatologi positif dan 50 pasien dengan sitologi dan atau histopatologi negatif. Dengan analisis Kaplan Meier, hubungan antara hasil sitologi dan atau histopatologi dan hari tahan hidup ditelaah. Analisis multivariat dengan Cox Regression dilakukan untuk menelaah hubungan hasil sitologi dan atau histopatologi dan hari tahan hidup dengan pengaruh umur, jenis kelamin, jenis sel kanker, terapi kanker dan volume efusi pleura. Hasil : Data dari seratus pasien kanker paru dikumpulkan untuk analisis. Median survival time untuk pasien dengan hasil sitologi positif lebih rendah dibandingkan dengan yang hasil sitologi negatif (21 vs 42 hari), begitu pula overall survival time (40.42 + 42.83 vs 104.88 + 164.63, p 0.01). Faktor jenis kelamin, umur dan volume efusi pleura tidak bermakna secara statistik terhadap angka tahan hidup jika dikaitkan dengan hasil sitologi dan atau histopatologi. Pasien yang mendapatkan terapi kanker menunjukkan peningkatan hari tahan hidup secara signifikan (Hazard ratio 0.157, 95% CI 0.092 – 0.266, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Fahamzah Mahsal - Nama Orang
Elisna Syahruddin - Nama Orang
Dicky Soehardiman - Nama Orang

No. Panggil
T13133fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 43 hal., lamp.10
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13133fkT13133fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Angka tahan hidup penderita kanker paru berdasarkan kepositifan sitologi cairan pleura dan atau histopatologi biopsi pleura = Survival rate of lung cancer with positivity pleural fluid citology and of histopatology pleural biopsy.

Related Collection