Text

Gambaran nilai hasil pengukuran pemeriksaan motorik sistem freyss, uji topognostik, house-brackmann dan pemeriksaan elektrofisiologis pada gangguan saraf fasialis perifer unilateral = Over view of freyss, topognostic test, house-brackmann and electrophysiology examination rresult in unilateral peripheral facial nerve palsy.

Gangguan saraf fasialis prefer unilateral merupakan suatu gangguan pada saraf fasialis akibat kelumpuhan otot sebagian atau seluruh wajah. Dalam menangani kasus saraf fasialis perifer unilateral, setiap klinisi dapat menggunakan beberapa modalitas pemeriksaan seperti pemeriksaan motorik sistem Freyss, HouseBrackmann, uji topognostik (schirmer, refleks stapedius, gustatometri) dan pemeriksaan elektrofisiologis (kecepatan hantaran saraf, refleks blink, jarum EMG) dalam menentukan derajat kerusakan saraf dan letak lesi berdasarkan onset, derajat kerusakan saraf dan etiologi dalam membantu menegakkan diagnosis dan memperkirakan prognosis. Sangat penting dalam menyampaikan informasi yang tepat dan efektif antar klinisi mengenai keadaan saraf fasialis yang mengalami paresis saraf fasialis dalam menentukan tatalaksana selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif cross-sectional dengan pengambilan subjek penelitian secara consecutive sampling di poliklinik Neurotologi THT dan poliklinik EMG Neurologi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo pada bulan Agustus 2012 sampai dengan Mei 2013 dan didapatkan sebanyak 44 subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang bermakna dan kesesuaian yang cukup (Kappa R =0,5, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Andre Iswara - Nama Orang
Widayat Alviandi - Nama Orang
Brastho Bramantyo - Nama Orang
Manfaluthy Hakim - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T13090fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu THT.,
Deskripsi Fisik
xxii, 137 hal., lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13090fkT13090fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran nilai hasil pengukuran pemeriksaan motorik sistem freyss, uji topognostik, house-brackmann dan pemeriksaan elektrofisiologis pada gangguan saraf fasialis perifer unilateral = Over view of freyss, topognostic test, house-brackmann and electrophysiology examination rresult in unilateral peripheral facial nerve palsy.

Related Collection