Skripsi

Pengaruh minuman B sebagai minuman berenergi terhadap aktivitas fisik dan berat badan pada tikus dengan strain sprague-dawley = Effect od B drinks as energy drinks to physical activity and body weight in sprague dawley rat.

Latar Belakang : Kafein yang merupakan salah satu komponen utama dalam minuman berenergi memiliki dampak pada berat badan dan aktivitas fisik. Konsumsi kafein akan menyebabkan peningkatan dari kesadaran dan kewaspadaan. Dengan terjadinya peningkatan ini maka aktivitas fisik akan meningkat sehingga berat badan dapat turun. Hal ini masih menjadi perdebatan beberapa ahli antara hubungan kafein dengan berat badan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kafein terhadap berat badan dan aktivitas fisik. Penelitian dilakukan dengan memakai 15 ekor hewan coba tikus yang akan diberi Minuman B, kafein dan akuades. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan pemberian bahan uji setiap hari selama 5 hari per minggu dan dilakukan selama 3 minggu. Berat badan diukur setiap pagi hari, 30 menit setelah pemberian bahan uji dan aktivitas fisik dalam detik diukur selama 3 menit. Hasil penelitian menunjukan tidak terjadi perbedaan yang bermakna pada perubahan berat badan dari minuman berenergi B dengan kafein (p=0,251), Minuman B dengan akuades (p=0,762) dan kafein dengan akuades (p=0,105). Tidak terdapat perbedaan yang bermakna dari aktivitas fisik tikus antara Minuman B dengan kafein (p=0,076), terdapat perbedaan bermakna antara Minuman B dengan akuades (p=0,001) dan antara kafein dengan akuades (p=0,000). Batas penilaian kemaknaan ditentukan dengan nilai p < 0,05.
Kata Kunci: Aktivitas fisik, akuades, berat badan, kafein, minuman berenergi.


Background : Caffeine is one of major component in energy drinks have impact to body weight and physical activity. Consumption caffeine will increase consciousness and alertness. By increase physical activity, the body weight can be decreased. It is still debate by some expert the correlation between caffeine and body weight. So the purpose of this research was to determine the effect of caffeine on body weight and physical activity. This research was conduct by using 15 rats that each five of them was given B drinks, caffeine and aquadest respectively. The research was conducted by administering the test substance daily for 5 days per week for 3 weeks. Body weight was measured every morning, 30 minutes after administration of the test substance and physical activity measured in seconds for 3 minutes. Result from this research is not significant. The result showed up in rat body weight between B drinks and Caffeine (p=0,251), Minuman B and akuades (p=0,762), caffeine and aquadest (p=0,105). Furthermore, no significant result in mouse physical activity between Minuman B and Caffeine (p=0,076), but have significant result between B drinks and aquadest (p=0,001) and between caffeine and aquadest (p=0,000). There is significant result if p < 0,05.
Keyword : Aquadest, Body Weight, Caffeine, Energy drinks, Physical activity.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

WILLIAM - Nama Orang
Amir Syarif - Nama Orang

No. Panggil
S13061fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 45 hal., lamp. 8
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S13061fkS13061fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh minuman B sebagai minuman berenergi terhadap aktivitas fisik dan berat badan pada tikus dengan strain sprague-dawley = Effect od B drinks as energy drinks to physical activity and body weight in sprague dawley rat.

Related Collection