Skripsi

Prevalensi dispepsia fungsional pada pasien dewasa di rumah sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada tahun 2010 dan faktor-faktor yang berhubungan = Prevalence of functional dyspepsia in adult patient in Cipto Mangunkusumo Hospital in the year 2010 and its related factors.

Latar Belakang : Penelitian ini membahas gambaran penyakit dispepsia fungsional dan faktor- faktor yang berhubungan. Dispepsia fungsional merupakan salah satu penyakit tidak menular yang sering ditemukan dalam praktik sehari-hari. Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan kasusnya, sehingga berdampak negatif pada ekonomi dan produktivitas bangsa. Dispepsia fungsional dapat disebabkan oleh pelbagai faktor risiko, terutama sosioekonomi dan demografi, serta perilaku dan status kesehatan. Dengan diketahuinya hubungan antara faktor- faktor tersebut, diharapkan dapat membantu dalam pencegahan dan penatalaksanaannya. Penelitian dilaksanakan dengan metode cross sectional dengan menggunakan data sekunder dari rekam medik poli rawat jalan RSCM tahun 2010. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara proportional random sampling. Analisis statistik dilakukan untuk mendapatkan prevalensi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan dispepsia fungsional. Didapatkan hasil prevalensi dispepsia fungsional menempati peringkat kelima penyakit terbanyak di poli rawat jalan RSCM (4,7%). Berdasarkan uji hipotesis, didapatkan faktor- faktor yang berperan pada terjadinya dispepsia fungsional adalah pekerjaan (p=0,048), penggunaan fasilitas pelayanan kesehatan (p=0,001), dan tingkat pendidikan (p=0,001). Sedangkan, variabel usia (p=0,070), jenis kelamin (p=0,376), status pernikahan (p=0,522), gaya hidup (p=0,587), status gizi (p=1,000), dan IMT (p=0,611), tidak menunjukkan hubungan yang bemakna secara statistik dengan terjadinya dispepsia fungsional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dispepsia fungsional dengan sosioekonomi dan demografi, serta perilaku dan status kesehatan.
Kata kunci: Dispepsia fungsional; sosioekonomi; demografi; perilaku kesehatan; status kesehatan.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Andy Omega - Nama Orang
Muchtaruddin Mansyur - Nama Orang

No. Panggil
S13042fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xii, 67 hal., lamp. 3
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S13042fkS13042fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi dispepsia fungsional pada pasien dewasa di rumah sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada tahun 2010 dan faktor-faktor yang berhubungan = Prevalence of functional dyspepsia in adult patient in Cipto Mangunkusumo Hospital in the year 2010 and its related factors.

Related Collection