Text

Prevalensi dan faktor risiko otitis media akut pada anak-anak di kotamadya Jakarta Timur = The prevalence and risk factors of chronic otitis media in children in the municipality of East Jakarta.

Otitis media akut (OMA) merupakan penyakit telinga yang paling sering terjadi pada anak-anak. Di Indonesia belum ada data nasional baku yang melaporkan angka kejadian OMA. Penelitian ini dilakukan sebagai dasar bagi penelitian berskala nasional dalam memperoleh angka prevalensi penyakit telinga khususnya OMA di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi epidemiologi deskriptif potong lintang untuk mengetahui prevalensi dan gambaran karakteristik faktor-faktor risiko OMA pada anak-anak di Kotamadya Jakarta Timur. Subyek penelitian dipilih secara multistage stratified random sampling, bertingkat dari kecamatan hingga kelurahan berdassarkan tingkat kepadatan penduduk. Kemudian dilanjutkan secara spatial random sampling berdasarkan nomer rumah. Hasil penelitian ini didapatkan prevalensi OMA pada anak-anak di Kotamadya Jakarta Timur sebesar 5,38 %, dan prevalensi tertinggi terjadi pada kelompok usia 2-5 tahun. Hubungan faktor risiko yang bermakna secara statistik terhadap kejadian OMA adalah usia ( p < 0,001; OR=11,36), jenis kelamin (p= 0,029 dan OR=2,50), riwayat ISPA (p< 0,001; OR=14,07), dan lingkungan tempat tinggal (p= 0,016;OR=2,60). Faktor risiko yang memiliki kecenderungan penyebab terhadap kejadian OMA, namun secara statistik tidak bermakna adalah pajanan asap rokok (p=0,066;OR=2,18), dan pendapatan rumah tangga (p=0,135;OR=0,55). Dari keempat faktor risiko yang bermakna terhadap kejadian OMA pada anak-anak di Kotamadya Jakarta Timur, didapatkan faktor risiko usia (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Sakina Umar - Nama Orang
Ratna D. Restuti - Nama Orang
Ronny Suwento - Nama Orang
Harim Priyono - Nama Orang
Muchtarudin Mansyur - Nama Orang
Alfian Farid - Nama Orang

No. Panggil
T13059fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu THT.,
Deskripsi Fisik
xvi, 89 hlm., lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13059fkT13059fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi dan faktor risiko otitis media akut pada anak-anak di kotamadya Jakarta Timur = The prevalence and risk factors of chronic otitis media in children in the municipality of East Jakarta.

Related Collection