Text

Gambaran gelombang P300 auditorik dan hubungannya dengan fungsi kognitif pada subjek dengan ketergantungan mariyuana; studi potong lintang di rumah tahanan Cipinang dan Pondok Bambu Jakarta = Auditorik P300 wave pattern and its correlation with cognitive function in marijuana addicted detainee; cross sectional study in Cipinang jail and Pondok Bambu jail in Jakarta.

subjek dengan ketergantungan mariyuana cenderung untuk mengalami gangguan fungsi kognitif. Pemeriksaan gelombang P300 auditorik mempuyai peran dalam mendeteksi gangguan fungsi kognitif pada jalur auditorik hingga ke korteks. Gangguan fungsi kognitif dapat dinilai dengan melihat pemanjangan masa laten gelombang P 300 dan penurunan amplitudo gelombang P300 . Penelitian potong lintang ini dilakukan di Rutan Cipinang dan Pondok Bambu pada bulan Juni-Agustus 2012, melibatkan 68 subjek yang mengalami ketergantungan mariyuana. Gangguan fungsi kognitif ditentukan dengan melakukan pemeriksaan RAVLT (Rey Auditory Verbal Learning Test)dengan menggunakan kuesioner. Kemudian semua subjek dilakukan pemeriksaan P 300auditorik. Sebanyak 40 subjek (58,8%) mengalami gangguan fungsi kognitif. Sebanyak 8 subjek (11,8%) ditemukan masa laten P300 abnormal sedangkan 60 subjek (88,2%)ditemukan amplitudo yang menurun. Terdapat hubungan bermakna antara amplitudo P300 dengan gangguan fungsi kognitif (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Dina Alia - Nama Orang
Semiramis Zizlavsky - Nama Orang
Ronny Suwento - Nama Orang

No. Panggil
T13036fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu THT.,
Deskripsi Fisik
xvii, 102 hal; IL., 30 cm; Lamp. 6
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
T13036fkT13036fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran gelombang P300 auditorik dan hubungannya dengan fungsi kognitif pada subjek dengan ketergantungan mariyuana; studi potong lintang di rumah tahanan Cipinang dan Pondok Bambu Jakarta = Auditorik P300 wave pattern and its correlation with cognitive function in marijuana addicted detainee; cross sectional study in Cipinang jail and Pondok Bambu jail in Jakarta.

Related Collection