Text

Gambaran immature reticulocyte fraction dan stataus besi pada remaja putri setelah suplementasi besi oral = Profile of immature reticulocyte fraction and iron status within girls post iron supplementation per oral.

Defisiensi besi merupakan keadaan dimana jumlah total besi tubuh berkurang yang bila berlanjut menyebabkan anemia defisiensi besi. Saat ini tersedia parameter immature reticulocyte fraction (IRF) yang menunjukkan fraksi retikulosit muda di sirkulasi yang bermanfaat menilai aktivitas eritropoiesis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi IRF dengan kadar besi dan feritin serum, dan saturasi transferin, serta korelasi feritin dan hepsidin serum. Penelitian dengan desain penelitian potong lintang ini melibatkan 77 subyek remaja putri sekolah yang telah haid dan mendapat suplementasi besi oral 2 kali seminggu selama 12 minggu. Dilakukan pemeriksaan kadar hemoglobin, hitung retikulosit absolut, IRF, kadar besi, feritin, dan hepsidin serum serta saturasi transferin. Didapatkan korelasi bermakna dengan kekuatan sedang antara IRF dan kadar besi dan feritin serum, serta saturasi transferin (berturut-turut p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Azma Rosida - Nama Orang
Ina susianti Timan - Nama Orang
Drupadi HS, Dillon - Nama Orang

No. Panggil
T13033fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Patologi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xv, 65 hal., lamp. 5
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T13033fkT13033fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Gambaran immature reticulocyte fraction dan stataus besi pada remaja putri setelah suplementasi besi oral = Profile of immature reticulocyte fraction and iron status within girls post iron supplementation per oral.

Related Collection