Text

Uji efikasi sampo yang mengandung selenium sulfida 1% dan zinc pyrithione 1% terhadap malasseziz globosa secara in vitro = Efficacy test of 1% selenium sulfide and 1% zinc pyrithione shampoo against malassezia globosa in vitro.

Ketombe (Pityriasis capitis) adalah pengelupasan korneosit lebih cepat dan berlebihan di kulit kepala, tampak sebagai serpihan kecil berwarna putih. 6 Penyebab adalah jamur Malassezia sp, aktivitas kelenjar sebasea, dan kerentanan individu. Cara menanggulangan dengan menurunkan produksi sebum dan jumlah jamur penyebab. Sampo yang mengandung zinc pyrithione (ZPT) dan selenium sulfida (SeS ) berperan untuk membersihkan kulit kepala, menghambat pembelahan korneosit, menurunkan sebum dan membunuh jamur penyebabnya. Penelitian bertujuan untuk uji efikasi sampo selenium sulfida 1% dan sampo zinc pyrithione 1% terhadap Malassezia globosa secara in vitro Metode eksperimental. Jenis sampo SeS 2 2 1%, sampo ZPT 1%, dan sampo kombinasi SeS 2 5-6 1% + ZPT 1 %, dan Basis sampo dengan pengenceran 2X, 4X, dan 6X dengan waktu kontak 3 menit dan 5 menit selain itu akuades steril digunakan sebagai kontrol. Jamur yang diuji adalah Malassezia globosa (CBS 7966 ATCC 96807) dengan konsentrasi 3-5 x 104 sel/ml. Medium inokulasi adalah sabouraud dextrose agar (SDA ) + minyak zaitun 2%. Biakan diinkubasi pada suhu kamar, selama 5 hari dan dihitung jumlah koloni jamur M. globosa yang tumbuh. Data dianalisis dengan uji Anova (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Atik Arimurti - Nama Orang
RIDHAWATI - Nama Orang
Robiatul Adawiyah - Nama Orang

No. Panggil
T13030fk
Penerbit
Jakarta : Program Megister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiii, 55 hal; IL., 30 cm: Lamp. 10
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T13030fkT13030fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji efikasi sampo yang mengandung selenium sulfida 1% dan zinc pyrithione 1% terhadap malasseziz globosa secara in vitro = Efficacy test of 1% selenium sulfide and 1% zinc pyrithione shampoo against malassezia globosa in vitro.

Related Collection