Text

Rasio kolesterol total/kolesterol HDL dan rasio kolesterol LDL/APO B sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular pada pradiabetes dari keluarga tingkat pertama diabetes melitus = Total cholesterol/HDL cholesterol ratio and LDL cholesterol/Apo B ratio as risk factors for cardiovascular disease in prediabetic of first-degree relatives from patients with diabetes mellitus.

Pasien pradiabetes dapat berkembang menjadi diabetes melitus dan atau penyakit kardiovaskular. Profil lipid yang bersifat aterogenik dan anti aterogenik mempunyai peranan penting pada penyakit kardiovaskular. Data perbandingan pemeriksaan kadar Apo B, rasio K-Total/K-HDL dan rasio K-LDL/Apo B pada kelompok pradiabetes dan normoglikemik dari keluarga tingkat pertama penderita diabetes melitus belum ada di Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan kadar Apo B, rasio Kolesterol Total/Kolesterol HDL dan Kolesterol LDL/Apo B pada pradiabetes dan normoglikemik dari keluarga tingkat pertama penderita diabetes melitus sebagai deteksi dini penyakit kardiovaskular. Diagnosis pradiabetes berdasarkan hasil pemeriksaan kadar glukosa darah, yaitu glukosa darah puasa terganggu dan atau toleransi glukosa terganggu. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang terdiri dari 56 orang untuk kelompok pradiabetes dan 56 orang untuk kelompok normoglikemik dari keluarga tingkat pertama penderita diabetes melitus. Pemeriksaan lipid menggunakan bahan serum dengan metode enzimatik sedangkan pemeriksaan Apo B menggunakan imunoturbidimetri. Rasio K-Total/K-HDL pada kelompok pradiabetes lebih tinggi secara bermakna dibandingkan kelompok normoglikemik (4.5 ± 1.1 vs 3.2 ± 0.5 ; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2012
Pengarang

Bety Kus Rini Sari - Nama Orang
Marzuki Suryaatmadja - Nama Orang

No. Panggil
T12057fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Patologi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xii, 47 Lembar; Il., 30 cm, Lamp.7
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T12057fkT12057fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Rasio kolesterol total/kolesterol HDL dan rasio kolesterol LDL/APO B sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular pada pradiabetes dari keluarga tingkat pertama diabetes melitus = Total cholesterol/HDL cholesterol ratio and LDL cholesterol/Apo B ratio as risk factors for cardiovascular disease in prediabetic of first-degree relatives from patients with diabetes mellitus.

Related Collection